Anjuran tahajud berdasarkan AlQuran dan Sunnah

Posted by Faroz Rozie on Rabu

AYAT ALQURAN TENTANG SHOLAT MALAM


QS. Al Isro'
79. Dan pada sebahagian malam hari, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Robb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

QS. Adz Dzaariyaat
15. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air,
16. sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.
17. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam.
18. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.

QS. As Sajdah
16. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya[1193] dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan.

[1193]. Maksudnya mereka tidak tidur di waktu biasanya orang tidur untuk mengerjakan shalat malam.

17. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.

QS.Az Zumar
9. (Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.

QS. Al Insaan
26. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.

QS. Qaaf
40. Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sembahyang.

QS. Ath Thuur
48. Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri[1428].,


[1428]. Maksudnya hendaklah bertasbih ketika kamu bangun dari tidur atau bangun meninggalkan majlis, atau ketika berdiri hendak shalat.

49. dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).

QS. Al Furqaan
64. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka[1072].

[1072]. Maksudnya orang-orang yang sembahyang tahajjud di malam hari semata-mata karena Allah.

QS. Ali 'Imran
113. Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus[221], mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).

[221]. Yakni: golongan Ahli Kitab yang telah memeluk agama Islam.

HADITS HADITS TENTANG SHOLAT MALAM


Diriwayatkan Aisyah r.a, ia berkata :
" Nabi saw mengerjakan sholat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,'Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?'Beliau menjawab,'Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?"
(HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, bahwa Rosulullah saw bersabda :
“Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan : “Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakaan sholat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akaan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas.” (HR. Muslim 1163).

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, bahwa Nabi saw bersabda :
“ Sholat malam adalah dua rokaat dua rokaat. Jika engkau khawatir segera tiba waktu Subuh, maka witirlah dengan satu rokaat saja.” (HR. Bukhori (II/397), Muslim (749) dan Abu Dawud (1326).

Diriwayatkan dari Jabir r.a, bahwa ia berkata : Aku telah mendengar Rosululloh saw bersabda :
“ Sesungguhnya diwaktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Abdulloh bin Amru bin Ash r.a, bahwa Rosululloh saw bersabda :
“ Sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat Nabi Dawud. Demikian juga, puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Dawud. Beliau tidur separuh malam (yang pertama), lalu bangun sepertiganya, kemudian tidur kembali pada sisa waktu seperenamnya. Beliau sehari berpuasa dan sehari berbuka.” (HR. Bukhori (III/13) dan Muslim (II/816).

Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, bahwa ia berkata : Sesungguhnya Nabi saw telah bersabda :’
“ Jadikanlah sholat witir sebagai akhir sholat kalian di malam hari.”
(HR. Bukhori (II/406), Muslim (751), Abu Dawud (1438) dan nasa’I (230-231)

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, bahwa Rosulullah saw bersabda : Sesungguhnya Allah Ta’ala telah berfirman,
“ Barangsiapa memusuhi seorang wali-Ku, maka Aku kumandangkan perang terhadapnya. Tidaklah seorang hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada (melaksanakan) apa yang telah Aku wajibkan terhadapnya. Dan hamba-Ku masih saja mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan nafilah (sunnah), sehingga Aku mencintainya, Jika Aku telah mencintainya, maka Aku adalah pendengarannya yang dia pakai untujk mendengar, matanya yang dia pakai untuk melihat, tangannya yang dia pakai memegang, dan kakinya yang dia pakai untuk berjalan. Bila ia meminta kepada-Ku, Aku pasti memberinya; dan bila ia memohon perlindungan kepada-Ku, niscay Aku berikan perlindungan kepadanya.” (HR. Bukhori (XI/292).

Posting Terkait :
- Kisah Tahajud Yazid Al-Busthomi
- Kisah Tahajud Ibrohim Bin Adham
- Keutamaan Sholat Tahajud

{ 4 comments... read them below or add one }

Aki Adnani mengatakan...

Surah Al muzammil, diturunkan pada urutan ketiga ( Setelah Al Alaq, dan Nun Wal Qalam), kalimat "qumil layla" biasanya selalu diartikan bangun untuk salat malam atau tahajud. Namun bila kita hubungkan dengan ayat-ayat berikutnya seperti "warattilil qur'aana tartiilan" artinya dan "bacalah alquran setartil mungkin". Maka penentuan arti, berada dalam kata "rattil" dan "tartiilan". Akar kata Ratala yg kemudian membentuk kata rattil dan tartiilan biasa diartikan membaca perlahan-lahan, yg kemudian diartikan tidak cepat-cepat atau santai membacanya atau boleh jadi berarti juga "jangan keras-keras". Namun dari sisi etimologi ratala berarti menyusun atau menata, semisal mengatur secara alfabetis, dari mulai yg kecil hingga yang besar, atau sebagaimana membangun rumah yg harus diawali dari fundasi, dinding, pasang genting hingga barakhir di finishing touch.Secara singkat dapat disimpulkan bahwa murattal (membaca secara tartil) pada awalnya bahwa Rasulullah harus menysusun setiap susunan kalimat atau ayat mana yang harus diletakkan pertama dan mana harus diletakkan berikutnya.Contoh: surah Alfatihah sebut saja tujuh ayat, maka dengan meletakkan Bisamillahirrahmanirrahim sebagai ayat pertama, disusul dg Alhamdululillahi rabil 'alamin, ayat kedua kemudian ketiga Arrahmanirrahim dst., dst., itulah yang dimaksud tartil. Dengan demikian, jelaslah bila tidak disusun seperti itu betapa kacaunya susunan kalimat setiap wahyu diterima. Oleh karena itu sebelum wahyuu-wahyu berikutnya turun dan sebelum disampaikan kepada para sahabat, maka Rasulullah harus mentartilkan dahulu ayat-ayat tersebut. Hanya dalam dua ayat kata tartil ini diketengahkan dalam Allquran.Satunya berada pada akhir QS25:32 yang artinya: Berkatalah oran-orang kafir:"Mengapa Alqur'an tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) sekali turun saja? Demikianlah (memang tidak sekali gus) agar Kami perkuat (kokohkan) hatimu, dan Kamipun menurunkannya secara berangsur-angsur". Maka jelaslah perintah bangun malam kepada Rasulullah pada ayat tsb adalah untuk merenungkan atau berpikir menyusun ayat-ayat yg pada saat itu baru berjumlah 21 ayat saja (Al Alaq/Iqra 5 ayat dan Nun Wa Qalam 16 ayat). Bila perlu penjelasan lain, silakan kontak 08158863049 atau mustafaadnani@gamil.com.

carabertauhid mengatakan...

terima kasih haditsnya kang kalau bisa posting juga tulisan arabnya biar mudah memahaminya

sholat tahajud mengatakan...

Assalamu'alaikum, informasi yang sangat berguna sekali bagi saya demi menambah pengetahuan di bidang shalat tahajud,,salam kenal dan jangan lupa kunjungan baliknya ya...!

Ustadz Uje Meninggal mengatakan...

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, sekedar share sahabat,...turut berduka cita atas wafatnya ustad jefri al buchori (uje) semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah

Poskan Komentar